Selasa, 12 September 2017

Histori Perubahan Jaket Di Dunia Dari Dulu Ke Sekarang

Jaket biasanya dipakai untuk menghangatkan tubuh. Bersamaan perubahan jaman, Jaket Pilot Bomber juga digunakan jadi penunjang tampilan. Tetapi jaket tidak dan merta keluar demikian saja, Crowds. Pada kesempatan ini (05/02) kami juga akan mengulas histori semula jaket serta perubahannya didunia sampai sekarang ini.

Awal mulanya, jaket, terutama jaket kulit bermula dari jaket pilot atau yang lebih di kenal dengan Flight Bomber Jacket. Awalannya rencana pembuatan Leather Flight Jacket ini diawali ketika WWI (Perang Dunia Pertama), dengan maksud menghangatkan suhu badan pilot serta beberapa kru di ketinggian beberapa ribu kaki di udara yang kondisi angin serta suhunya begitu ekstrim. Tetapi ketika itu jaket yang di buat jauh dari kepraktisan, baru pada awal th. 1915 beberapa pilot dari Royal Flying

Corps yakni layanan penerbangan di lokasi Perancis serta Belgia mulai menggunakan jaket kulit berlengan panjang serta dimulailah masa tren Leather Flight Jackets. Saat masuk WWII (Perang Dunia Ke-2), di waktu pesawat terbang telah mulai tinggi jarak tempuhnya sekitaran 25. 000 kaki serta temperatur dapat dibawah 0 derajat celcius dimulailah masa Shearling Flight Jacket, yakni Bomber Flight Jacket dengan susunan wool di dalamnya sebagai satu diantara jaket terhangat pada jaman itu.

Pada th. 1950-an angkatan udara Amerika Serikat keluarkan ketentuan baru untuk kenyamanan serta keselamatan penerbang, dari sinilah dimulainya masa flight jacket berbahan nylon. Namun bukanlah bermakna kehadiran Leather Filght Jacket ini menghilang, jaket type ini masih tetap selalu di produksi tidak cuma karna untuk kebutuhan fashion namun juga untuk kembali kenang beberapa layanan bomber pilot yang berjaya pada eranya.

Pada saat perang dunia, jaket identik dengan golongan pria, karna peranannya untuk menghangatkan badan beberapa pilot pesawat. tempur. Tetapi saat ini jaket makin berbentuk universal. Tidak cuma golongan pria saja yang dapat memakainya, kaum hawa juga dapat juga memakainya. Saat ini jaket sudah jadi bertambah peranannya, tidak cuma untuk menghangatkan badan, jaket juga jadikan jadi fasilitas fashion yang dapat dipakai semua kelompok umur, mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa. Beragam type jaket di produksi sekarang ini, umpamanya seperti jaket kulit, jaket casual, jaket jeans, jaket bulu, jaket sporty, jaket motor, jaket anti air, serta berbagainya.

Jaket yang dahulu cuma dipakai pada musim dingin ataupun ditempat yang dingin, saat ini jaket dapat dipakai dimana saja, baik ditempat tropis sekali juga. Bahkan juga jaket saat ini seringkali dipakai membuat perlindungan badan dari paparan cahaya matahari yang membahayakan untuk kesehatan kulit. Bahan pembuatan jaket juga makin bermacam. Ada yang terbuat dari kulit asli, kulit sintetis, wool, bulu, cotton, nylon, sampai bahan tahan air meskipun. Awalannya jaket cuma di produksi dengan beberapa warna gelap saja seperti hitam, coklat, serta abu-abu.

Tetapi saat ini warna jaket bermacam. Beragam jaket warna cerah ataupun beberapa warna alami dapat diketemukan sekarang ini. Bahkan juga seringkali desainer menggabungkan beragam type warna pada satu jaket. Tidak cuma padu padan warna saja, sekarang ini jaket juga seringkali diperlengkapi dengan beragam gambar serta motif. Gambar yang ada pada jaket juga bermacam, ada yang bergambar kartun, gambar panorama, bergambar logo, ataupun cuma tulisan-tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar